FILM SEBAGAI MEDIA DAKWAH ISLAM

Andi Fikra Pratiwi

Abstract


Abstrak. Dakwah merupakan kewajiban dan tanggung jawab umat Islam dalam menyebarkan ajaran-ajaran Islam sebagaimana termuat dalam al-Quran dan hadis yang bertujuan kepada ‘amar makruf dan nahi mungkar. Salah satu alternatif dakwah adalah melalui media film, dengan kemajuan teknologi di zaman sekarang pemanfaatan media tersebut dapat diefektifkan. Seiring dengan perkembangan perfilman Indonesia saat ini yang cenderung meningkatkan antusias para movie maker memproduksi karya-karya terbaiknya. Karya yang dihasilkan menjadi media dakwah dalam menyebarkan pesan-pesan agama kepada masyarakat dengan mengemas kisah yang ringan, menghibur, cenderung mengangkat kisah yang dekat dengan keseharian masyarakat tanpa melupakan nilai motivasi yang terkandung dalam kaidah-kaidah Islam. Film merupakan manifestasi perkembangan kehidupan budaya masyarakat pada masanya. Konstruksi sebuah film misalnya, merupakan salah satu esensi menelevisikan kebudayaan tertentu, pada gilirannya merepresentasikan nilai-nilai budaya melalui demonstrasi skenario oleh sutradara-sineas.

Kata Kunci : Film, Media, Dakwah Islam

 

Abstract. Da’wah is an obligation and responsibilty of Moslem in spreading the teaching of Islam as stated in al Quran and Hadits toward the ‘Amr ma’ruf nahi munkar. An alternative for da’wah is through film. The advaced technology today benefits into this media effectiveness. Along with the recent development of Indonesian cinematography, movie makers enthusiastically produce their best creations. Those creations become da’wah media to spread the religion teachings to society through simple and entertaining stories that exploit topics closed to everyday events without omitting motivational values of Islam. The construction of a film, for example, is an essence of televisioning a certainculture which is in turn represents cultural values through scenarios created. One the film of this category is Dalam Mihrab Cinta.

Key words: Film, Media, Islamic Da’wah


Full Text:

PDF

References


Alang, Sattu, Muh. Anwar, dan Hakkar Jaya, Pengantar ilmu Komunikasi, Makassar: Alauddin Press, 2007.

Bahri, Ghazali M., Dakwah Komunikatif “Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah’, Jakarta; CV Pedoman Ilmu Jaya, 1997.

Bisri WD, H. Hasan, Ilmu Dakwah, Surabaya: Biro Penerbitan dan Pengembangan Ilmiah, 1998.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Semarang: CV. Toha Putera, 1989.

Ensiklopedi Indonesia, Jakarta; Ichtiar Baru, 1991.

Habiburrahman El Shirazy., “Habiburrahman El Shirazy Ustadz ‘Luar-Dalam’ di KCB, Khalifah, (Edisi 26 September 2010).

Ilahi, Wahyu, Komunikasi Dakwah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Kumpulan khutbah.blogspot.com, (Diakses 1 November 2017)

Kusnawan, Aep, Ilmu Dakwah, Bandung; Pustaka Bani Quraisy.

Muhammad, K.H. Ahsin Sakho, Keberkahan Al-Quran Memahami Tema-Tema Penting Kehidupan Dalam Terang Kitab Suci, PT. Qaf Media Kreativa, 2017.

Nurwahid, H.M. Hidayat, M.A, Pengantar Sejarah Dakwah, Jakarta: Kencana, 2015.

Pratista, Himawan., Memahami Film, Yogyakarta : Homerian Pustaka, 2008

Rajafi, Ahmad., Nalar Hukum Keluarga Islam di Indonesia, Yogyakarta: Istana Publishing, 2015

Rumah Film; “Tentang Mengulas Film,” Situs Resmi Rumah Film. http://www.old.rumah film.org/artikel_film.htm/ (Diakses 24 November 2017).

Sobur, Alex., Semiotika Komunikasi, Cet.3; Bandung; Remaja Rosdakarya, 2006

Subandy, Idi., Budaya Popular Sebagai Komunikasi, Cet.1; Jogiakarta; Jalasutra, 2007

Suhadang, Kustadi., Ilmu Dakwah Perspektif Komunikasi, Bandung; Rosda, 2013

Sybromalisi, Faizah Ali., Tafsir Akidah , Ciputat; UIN Jakarta Press, 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.30984/ajip.v2i2.523

Article Metrics

Abstract view : 8181 times
PDF - 2978 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aqlam: Journal of Islam and Plurality



Rumah Jurnal IAIN Manado

Jl. Dr. S.H. Sarundajang, Kawasan Ringroad I, Malendeng Manado Kode Pos 95128, Sulawesi Utara, Indonesia.

 

Creative Commons License
All publication by AQLAM: Journal of Islam and Plurality are licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.